Thursday, December 10, 2009

Sejarah EFT

Dr. George Goodheart, dokter ahli chiropractic (terapi pijatan pada tulang belakang untuk menyembuhkan berbagai penyakit fisik) tahun 1964 memperkenalkan Chiropractic dan Applied Kinesiology.

Dr. John Diamond, salah satu pionir yang menulis tentang hubungan “sistem energi tubuh” dengan gangguan psikologis, melahirkan cabang baru psikologi yang dikenal dengan Energy Psychology. Teori ini adalah fondasi lahirnya Tought Field Therapy (TFT) yang dipelopori oleh Dr. Roger Callahan.

Dr. Roger Callahan, psikolog klinis yang mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang Clinical Psychologi, melahirkan terapi yang dianggap kontroversial dan menggegerkan dunia psikoterapi, Tought Field Therapy (TFT). Dari sinilah metode tapping mulai diperkenalkan.

Gary Craig, murid Dr. Callahan memperkenalkan istilah Emotional Freedom Technique (EFT) dengan menyederhanakan TFT menjadi teknik yang lebih mudah tetapi tetap efektif hasilnya.

Apa itu EFT?

Emosional Freedom Technique (teknik pembebasan emosi) didasarkan pada penemuan baru yang dapat menangani permasalahan emosi dan fisik. EFT bisa disebut sebagai versi lain dari akupunktur namun EFT tidak menggunakan jarum seperti halnya yang dilakukan dalam akupuntur. Walaupun tidak menggunakan jarum, EFT tetap melakukan penyelarasan sistem energi dalam tubuh melalui ketukan ringan (Tapping) menggunakan kedua jari (jari telunjuk dan jari tengah) pada titik-titik meridian yang ada di dalam tubuh.
Prosesnya sangat mudah untuk diingat dan dapat diterapkan di mana saja. Hal ini membuat EFT Discovery Statement yang menyatakan bahwa: Penyebab segala macam emosi negatif adalah terganggunya sistem energi tubuh”. Dan karena penyakit fisik kita sangat terkait dengan emosi kita, pernyataan berikut sangatlah benar: “Emosi-emosi negatif yang tak terselesaikan, menjadi penyebab utama pada hampir semua penyakit fisik kita.”

EFT mendasarkan kekuatannya pada:

• Penemuan dari dunia Timur yang berumur lebih dari 5.000 tahun
• Albert Einstein, pada tahun 1920 menyatakan bahwa: “segala sesuatu (termasuk tubuh kita) tersusun dari energy”.

Keuntungan EFT:

• Anda dapat membuat langkah besar dengan memanfaatkan EFT ke dalam proses terapi Anda (Apakah Anda sebagai professional atau sebagai pasien). Daripada membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun menggunakan “talk therapy” yang conventional, EFT sering memberikan hasil yang jelas dan menyeluruh dalam satu atau dua sesi…terkadang terjadi dalam sekejap. Dalam EFT dikenal istilah “one minute wonders”.

• Begitu EFT mampu membersihkan sampah-sampah emosi, langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana penyakit fisik mulai lenyap. Sakit kepala, sakit punggung dan ketidaknyamanan lainnya akan mengalami perbaikan atau hilang sama sekali. Penglihatan Anda mungkin menjadi lebih jelas dan stress harian akan hilang.

• Pada dasarnya, Anda dapat gunakan EFT untuk segala sesuatu. Ini adalah sesuatu yang mengagumkan dari EFT. Anda dapat menggunakan prosedur dasarnya untuk menghilangkan ketakutan berbicara di depan umum, atau memperbaiki skor pada permainan golf Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk alergi hingga kanker. Termasuk pada ketakutan, trauma dan depresi. Begitu Anda benar-benar menyadari kemampuan universal dari EFT, Anda akan dengan senang hati bergabung dengan antusias. Tidak ada yang seperti EFT.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.